STRUKTUR KURIKULUM SMK

Pada kegiatan belajar – 2  telah mempelajari karakter profil pelajar Pancasila, penguatan karakter profil pelajar Pancasila melalui projek dengan tema yang teah disediakan Kemdikbudristek.

Selanjutnya pada Kegiatan Belajar – 3 Bapak Ibu guru akan belajar mengenai struktur kurikulum dan spektrum kurikulum SMK pada Kurikulum Merdeka. Pada kurikulum Merdeka ini ada beberapa hal yang berubah terkait pengelompokkan mata pelajaran, jumlah jam mata melajaran, program keahlian dan kompetensi keahlian yang ada di SMK. Setelah mempelajari kegiatan belajar 3 ini diharapkan Bapak/Ibu guru dapat merencanakan alokasi waktu yang diperlukan dalam pembelajaran sesuai dengan struktur kurikulum yang terbaru. Mari kita pelajari bersama struktur dan spektrum SMK pada Kurikulum merdeka!
 

A. Struktur Kurikulum SMK

Secara umum struktur kurikulum SMK untuk kelas X pada Kurikulum Merdeka ini terlihat pada tabel 3.1 di bawah ini :
Tabel 3.1. Struktur Kurikulum SMK  Kelas 10 Program  3 Tahun

Mata Pelajaran

Alokasi Waktu Intrakurikuler per tahun
Alokasi waktu Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
Total JP per tahun
A. Kelompok Mata Pelajaran Umum
1.
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
90
18
108
2
Pendidikan Pancasila
54
18
72
3
Bahasa Indonesia
108
36
144
4
Pendidikan Jasmani dan Olahraga
90
18
108
5
Sejarah
54
18
72
6
Seni
54
18
72
7
Muatan Lokal
72
-
72
Jumlah Kelompok Mata Pelajaran Kejuruan (A)
450
126
576
B. Kelompok Mata Pelajaran Kejuruan
1
Matematika
108
36
144
2
Bahasa Inggris
108
36
144
3
Informatika
108
36
144
4
Projek Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial
162
54
216
5
Dasar – dasar Program Keahlian
432
-
432
Jumlah Kelompok Mata Pelajaran Kejuruan (B)
918
162
1080
Jumlah A + B
1368
288
1656
 
Secara umum struktur kurikulum SMK untuk kelas 11 pada Kurikulum Merdeka ini terlihat pada tabel 3.2 di bawah ini :
Tabel 3.2. Struktur Kurikulum SMK  Kelas 11 Program  3 Tahun
Mata Pelajaran
Alokasi Waktu Intrakurikuler per tahun
Alokasi waktu Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
Total JP per tahun
A. Kelompok Mata Pelajaran Umum
1.
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
90
18
108
2
Pendidikan Pancasila
54
18
72
3
Bahasa Indonesia
90
18
72
4
Pendidikan Jasmani dan Olahraga
90
18
108
5
Sejarah
54
18
72
6
Muatan Lokal
72
-
72
Jumlah Kelompok Mata Pelajaran Kejuruan (A)
342
90
432
B. Kelompok Mata Pelajaran Kejuruan
1
Matematika
90
18
108
2
Bahasa Inggris
108
36
144
3
Muatan Keahlian
648
-
648
4
Projek Kreatif dan Kewirausahaan
180
 
180
5
Mata Pelajaran Pilihan
144
-
144
Jumlah Kelompok Mata Pelajaran Kejuruan (B)
1170
54
1224
Jumlah A + B
1512
144
1656

 

Secara umum struktur kurikulum SMK untuk kelas 12 pada Kurikulum Merdeka ini terlihat pada tabel 3.3 di bawah ini :
Tabel 3.3. Struktur Kurikulum SMK  Kelas 12 Program  3 Tahun
Mata Pelajaran
Alokasi Waktu Intrakurikuler per tahun
Alokasi waktu Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
Total JP per tahun
A. Kelompok Mata Pelajaran Umum
1.
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
36
18
54
2
Pendidikan Pancasila
36
-
36
3
Bahasa Indonesia
36
18
54
4
Muatan Lokal
36
-
36
Jumlah Kelompok Mata Pelajaran Kejuruan (A)
108
36
144
B. Kelompok Mata Pelajaran Kejuruan
1
Matematika
54
-
54
2
Bahasa Inggris
72
-
72
3
Muatan Keahlian
396
-
396
4
Projek Kreatif dan Kewirausahaan
90
-
90
5
Praktik Kerja Lapangan
792
-
792
6
Mata Pelajaran Pilihan
108
-
108
Jumlah Kelompok Mata Pelajaran Kejuruan (B)
1170
54
1224
Jumlah A + B
1512
144
1656

 

Beberapa perubahan yang terjadi pada Struktur Kurikulum SMK diuraikan sebagai berikut :
1. Pemilihan Konsentrasi pada Satu Program Keahlian

Penentuan konsentrasi dilakukan atas dasar kebutuhan tenaga kerja pada dunia kerja yang dijadikan sasaran lulusan konsentrasi Pada satu program keahlian dapat diselenggarakan satu konsentrasi atau lebih dari satu konsentrasi. Konsentrasi yang berbeda pada satu program keahlian diselenggarakan dalam rombongan belajar yang berbeda. Konsentrasi dapat dilakukan melalui penambahan jam belajar pada mata pelajaran tertentu yang sesuai dengan konsentrasi yang dipilih. Konsentrasi khusus berdasarkan permintaan dunia kerja dapat diselenggarakan melalui penambahan jam dan materi pada mata pelajaran kejuruan maupun mata peajaran pilihan.

2. Perubahan Penataan Mata Pelajaran

a. Mata pelajaran dikelompokkan menjadi 2 yaitu mata pelajaran umum dan kejuruan, disesuaikan dengan materi yang mendukung pembelajaran bidang kejuruan.
b. Sejarah, berisi materi sejarah nasional terutama sejarah perjuangan bangsa
c. Seni merupakan perubahan dari mata pelajaran yang sebelumnya bernama Seni Budaya
d. Matematika Kejuruan merupakan materi matematika yang berisi materi yang mengacu dan sesuai dengan penerapan lingkup kejuruan.
e. Bahasa Inggris Kejuruan merupakan materi bahasa Inggris  pyang berisi materi yang mengacu dan sesuai dengan penerapan lingkup kejuruan.
f. Informatika merupakan perubahan dari mata pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital

3. Muatan Kejuruan pada Kelas 10

a. Muatan Kejuruan pada kelas 10 memiliki alokasi waktu 12 jam per minggu atau  432 jam per tahun
b. Jumlah jam per mata pelajaran dapat ditentukan oleh sekolah sesuai dengan kebutuhan konsentrasi keahian yang dipiih sekolah berdasarkan kesepakatan dengan dunia kerja mitra SMK
c. Mata pelajaran pada kelas  10 dapat dilaksanakan pada system blok
4. Muatan Kejuruan pada Kelas 11 dan 12
a. Alokasi waktu untuk mata pelajaran kejuruan adalah 18 jam per minggu pada kelas 11 atau 648 jam per tahun
b. Alokasi waktu untuk mata pelajaran kejuruan adalah 11 jam per minggu pada kelas 12 atau 396 jam per tahun
c. Muatan kejuruan pada kelas 11 dan 12 berisi mata pelajaran pada program keahlian yang dikembangkan oleh setiap sekolah dan menjadi konsentrasi sesuai dengan tuntutan dunia kerja yang menjadi mitra SMK
d. Jumlah jam per mata pelajaran dapat ditentukan oleh sekolah sesuai dengan kebutuhan konsentrasi keahlian yang dipilih sekolah berdasarkan kesepakatan dengan dunia kerja mitra SMK
e. Mata pelajaran kejuruan kelas 11 dan 12 dapat dilaksanakan dengan sistem blok.

5. Mata Pelajaran Pilihan

Mata pelajaran pilihan merupakan mata pelajaran yang dipilih leh siswa berdasarkan minat untuk pengembangan diri, baik untuk melanjutkan Pendidikan, berwirausaha, maupun bekerja pada bidangnya Mata pelajaran pilihan data berupa : (1) penambahan jam mata pelajaran pada program keahlian dan konsentrasi yang dipilih atau (2) mata pelajaran di luar program keahlian atau konsentrasi yang dipilih. Penyelenggaraan mata pelajaran pilihan dilakukan dengan mempertimbangan sumber daya yang tersedia di sekolah, seperti ketersediaan guru, sarana belajar, termasuk sarana praktik, ruangan, waktu, dam sumber daya lainnya yang dimiliki sekolah

6. Praktik Kerja Lapangan

Praktik Kerja Lapangan (PKL) merupakan wahana pembelajaran kerja yang sesungguhnya untuk memberikan kesempatan kepada siswa meningkatkan penguasaan kompetensi teknis (hardskill) sesuai dengan program kealian serta menginternalisasikan karakter dan budaya kerja (softskill) yang berlaku di dunia kerja. Praktik Kerja Lapangan (PKL) pada struktur kurikulum berada pada semester 6 . Namun, pada pelaksanaannya dapat dilaksanakan pada semester 4 atau 5.

 

B. Spektrum Keahlian SMK

Spektrum Keahlian SMK pada Kurikulum Merdeka terdiri dari 10 bidang keahlian dengan 50 bidang keahlian. Hal ini berbeda dengan spektrum keahlian SMK pada kurikulum sebelumnya terdiri dari 9 bidang keahlian, 49 program keahlian dan 146 kompetensi keahlian.  Uraian lengkap terkait bidang keahlian dan program keahlian pada Kurikulum Merdeka  dapat dilihat pada tabel di bawah ini :

No

Bidang Keahlian

Program Keahlian

1

Teknologi Kontruksi dan Properti

1.1 Teknik Perawatan Gedung

1.2 Konstruksi dan Perawatan Bangunan Sipil

1.3 Teknik Konstruksi dan Perumahan

1.4 Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan

1.5 Teknik Furnitur

2

Teknologi Manufaktur dan Rekayasa

2.1 Teknik Mesin

2.2 Teknik Otomotif

2.3 Teknik Pengelasan

dan Fabrikasi Logam

2.4 Teknik Logistik

2.5 Teknik Elektronika

2.6 Teknik Pesawat Udara

2.7 Teknik Konstruksi Kapal

2.8 Kimia Analisis

2.9 Teknik Kimia Industri

2.10 Teknik Tekstil

3

Energi dan Pertambangan

3.1 Teknik Ketenagalistrikan

3.2 Teknik Energi Terbaruka

3.3 Teknik Geospasial

3.4 Teknik Geologi Pertambangan

3.5 Teknik Perminyakan

4

Teknologi Informasi dan Komunikasi

4.1 PengembanganPerangkat Lunak dan Gim

4.2 Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi

5

Kesehatan dan Pekerjaan Sosial

5.1 Layanan Kesehatan

5.2 Teknik Laboratorium Medik

5.3 Teknologi Farmasi

5.4 Pekerjaan Sosial

6

Agribisnis dan Agriteknologi

6.1 Agribisnis Tanaman

6.2 Agribisnis Ternak

6.3 Agribisnis Perikanan

6.4 Usaha Pertanian Terpadu

6.5 Agriteknologi Pengolahan Hasil Pertanian

6.6 Kehutanan

7

Kemaritiman

7.1 Teknika Kapal Penangkapan Ikan

7.2 Nautika Kapal Penangkapan Ikan

7.3 Teknika Kapal Niaga

7.4 Nautika Kapal Niaga

8

Bisnis dan Manajemen

8.1 Pemasaran

8.2 Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis

8.3 Akuntansi dan Keuangan Lembaga

9

Pariwisata

9.1 Usaha Layana Wisata

9.2 Perhotelan

9.3 Kuliner

9.4 Spa dan Kecantikan

10

Seni dan Industri Kreatif

10.1 Seni Rupa

10.2 Desain Komunikasi Visual

10.3 Desain dan Produksi Kriya

10.4 Seni Pertunjukan

10.5 Broadcasting dan Perfilman

10.6 Animasi

10.7 Busana

 

RANGKUMAN

  1. Berdasarkan struktur kurikulum Merdeka, mata pelajaran pada SMK dikelompokkan menjadi 2 yaitu mata pelajaran umum dan mata pelajaran kejuruan.
  2. Jumlah jam mata pelajaran mengalami perubahan
  3. Jumlah bidang keahlian pada kurikulum Merdeka ada 10 dengan 50 program keahlian.

 

Uji pemahaman Anda dengan klik test Formatif dibawah ini:

TES FORMATIF

 


Setelah menjawab seluruh soal tersebut, cocokkan jawaban Anda dengan Kunci Jawaban Tes Formatif-3 yang terdapat di bagian akhir modul ini. Hitunglah jawaban benar Anda. Setiap jawaban benar diberi skor 2 sehingga skor tertinggi adalah 10 (sepuluh) dan skor terendah adalah 0 (nol). Kemudian gunakan rumus di bawah ini untuk mengetahui tingkat penguasaan Anda terhadap materi Kegiatan Belajar (KB) ini. Jika nilai Anda 60% maka Anda boleh langsung melanjutkan belajar ke Kegiatan Belajar berikutnya. Sedangkan jika nilai Anda kurang dari 60% maka Anda perlu mengulangi belajar KB ini terutama materi yang berkaitan dengan jawaban yang salah.