Pada kegiatan belajar – 2 telah mempelajari karakter profil pelajar Pancasila, penguatan karakter profil pelajar Pancasila melalui projek dengan tema yang teah disediakan Kemdikbudristek.
Selanjutnya pada Kegiatan Belajar – 3 Bapak Ibu guru akan belajar mengenai struktur kurikulum dan spektrum kurikulum SMK pada Kurikulum Merdeka. Pada kurikulum Merdeka ini ada beberapa hal yang berubah terkait pengelompokkan mata pelajaran, jumlah jam mata melajaran, program keahlian dan kompetensi keahlian yang ada di SMK. Setelah mempelajari kegiatan belajar 3 ini diharapkan Bapak/Ibu guru dapat merencanakan alokasi waktu yang diperlukan dalam pembelajaran sesuai dengan struktur kurikulum yang terbaru. Mari kita pelajari bersama struktur dan spektrum SMK pada Kurikulum merdeka!
A. Struktur Kurikulum SMK
Tabel 3.1. Struktur Kurikulum SMK Kelas 10 Program 3 Tahun
Mata Pelajaran | Alokasi Waktu Intrakurikuler per tahun | Alokasi waktu Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila | Total JP per tahun | |
A. Kelompok Mata Pelajaran Umum | ||||
1. | Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti | 90 | 18 | 108 |
2 | Pendidikan Pancasila | 54 | 18 | 72 |
3 | Bahasa Indonesia | 108 | 36 | 144 |
4 | Pendidikan Jasmani dan Olahraga | 90 | 18 | 108 |
5 | Sejarah | 54 | 18 | 72 |
6 | Seni | 54 | 18 | 72 |
7 | Muatan Lokal | 72 | - | 72 |
Jumlah Kelompok Mata Pelajaran Kejuruan (A) | 450 | 126 | 576 | |
B. Kelompok Mata Pelajaran Kejuruan | ||||
1 | Matematika | 108 | 36 | 144 |
2 | Bahasa Inggris | 108 | 36 | 144 |
3 | Informatika | 108 | 36 | 144 |
4 | Projek Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial | 162 | 54 | 216 |
5 | Dasar – dasar Program Keahlian | 432 | - | 432 |
Jumlah Kelompok Mata Pelajaran Kejuruan (B) | 918 | 162 | 1080 | |
Jumlah A + B | 1368 | 288 | 1656 |
Tabel 3.2. Struktur Kurikulum SMK Kelas 11 Program 3 Tahun
Mata Pelajaran | Alokasi Waktu Intrakurikuler per tahun | Alokasi waktu Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila | Total JP per tahun | |
A. Kelompok Mata Pelajaran Umum | ||||
1. | Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti | 90 | 18 | 108 |
2 | Pendidikan Pancasila | 54 | 18 | 72 |
3 | Bahasa Indonesia | 90 | 18 | 72 |
4 | Pendidikan Jasmani dan Olahraga | 90 | 18 | 108 |
5 | Sejarah | 54 | 18 | 72 |
6 | Muatan Lokal | 72 | - | 72 |
Jumlah Kelompok Mata Pelajaran Kejuruan (A) | 342 | 90 | 432 | |
B. Kelompok Mata Pelajaran Kejuruan | ||||
1 | Matematika | 90 | 18 | 108 |
2 | Bahasa Inggris | 108 | 36 | 144 |
3 | Muatan Keahlian | 648 | - | 648 |
4 | Projek Kreatif dan Kewirausahaan | 180 | 180 | |
5 | Mata Pelajaran Pilihan | 144 | - | 144 |
Jumlah Kelompok Mata Pelajaran Kejuruan (B) | 1170 | 54 | 1224 | |
Jumlah A + B | 1512 | 144 | 1656 |
Mata Pelajaran | Alokasi Waktu Intrakurikuler per tahun | Alokasi waktu Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila | Total JP per tahun | |
A. Kelompok Mata Pelajaran Umum | ||||
1. | Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti | 36 | 18 | 54 |
2 | Pendidikan Pancasila | 36 | - | 36 |
3 | Bahasa Indonesia | 36 | 18 | 54 |
4 | Muatan Lokal | 36 | - | 36 |
Jumlah Kelompok Mata Pelajaran Kejuruan (A) | 108 | 36 | 144 | |
B. Kelompok Mata Pelajaran Kejuruan | ||||
1 | Matematika | 54 | - | 54 |
2 | Bahasa Inggris | 72 | - | 72 |
3 | Muatan Keahlian | 396 | - | 396 |
4 | Projek Kreatif dan Kewirausahaan | 90 | - | 90 |
5 | Praktik Kerja Lapangan | 792 | - | 792 |
6 | Mata Pelajaran Pilihan | 108 | - | 108 |
Jumlah Kelompok Mata Pelajaran Kejuruan (B) | 1170 | 54 | 1224 | |
Jumlah A + B | 1512 | 144 | 1656 |
Beberapa perubahan yang terjadi pada Struktur Kurikulum SMK diuraikan sebagai berikut :
1. Pemilihan Konsentrasi pada Satu Program Keahlian
Penentuan konsentrasi dilakukan atas dasar kebutuhan tenaga kerja pada dunia kerja yang dijadikan sasaran lulusan konsentrasi Pada satu program keahlian dapat diselenggarakan satu konsentrasi atau lebih dari satu konsentrasi. Konsentrasi yang berbeda pada satu program keahlian diselenggarakan dalam rombongan belajar yang berbeda. Konsentrasi dapat dilakukan melalui penambahan jam belajar pada mata pelajaran tertentu yang sesuai dengan konsentrasi yang dipilih. Konsentrasi khusus berdasarkan permintaan dunia kerja dapat diselenggarakan melalui penambahan jam dan materi pada mata pelajaran kejuruan maupun mata peajaran pilihan.
2. Perubahan Penataan Mata Pelajaran
a. Mata pelajaran dikelompokkan menjadi 2 yaitu mata pelajaran umum dan kejuruan, disesuaikan dengan materi yang mendukung pembelajaran bidang kejuruan.
b. Sejarah, berisi materi sejarah nasional terutama sejarah perjuangan bangsa
c. Seni merupakan perubahan dari mata pelajaran yang sebelumnya bernama Seni Budaya
d. Matematika Kejuruan merupakan materi matematika yang berisi materi yang mengacu dan sesuai dengan penerapan lingkup kejuruan.
e. Bahasa Inggris Kejuruan merupakan materi bahasa Inggris pyang berisi materi yang mengacu dan sesuai dengan penerapan lingkup kejuruan.
f. Informatika merupakan perubahan dari mata pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital
3. Muatan Kejuruan pada Kelas 10
a. Muatan Kejuruan pada kelas 10 memiliki alokasi waktu 12 jam per minggu atau 432 jam per tahun
b. Jumlah jam per mata pelajaran dapat ditentukan oleh sekolah sesuai dengan kebutuhan konsentrasi keahian yang dipiih sekolah berdasarkan kesepakatan dengan dunia kerja mitra SMK
c. Mata pelajaran pada kelas 10 dapat dilaksanakan pada system blok
4. Muatan Kejuruan pada Kelas 11 dan 12
a. Alokasi waktu untuk mata pelajaran kejuruan adalah 18 jam per minggu pada kelas 11 atau 648 jam per tahun
b. Alokasi waktu untuk mata pelajaran kejuruan adalah 11 jam per minggu pada kelas 12 atau 396 jam per tahun
c. Muatan kejuruan pada kelas 11 dan 12 berisi mata pelajaran pada program keahlian yang dikembangkan oleh setiap sekolah dan menjadi konsentrasi sesuai dengan tuntutan dunia kerja yang menjadi mitra SMK
d. Jumlah jam per mata pelajaran dapat ditentukan oleh sekolah sesuai dengan kebutuhan konsentrasi keahlian yang dipilih sekolah berdasarkan kesepakatan dengan dunia kerja mitra SMK
e. Mata pelajaran kejuruan kelas 11 dan 12 dapat dilaksanakan dengan sistem blok.
5. Mata Pelajaran Pilihan
Mata pelajaran pilihan merupakan mata pelajaran yang dipilih leh siswa berdasarkan minat untuk pengembangan diri, baik untuk melanjutkan Pendidikan, berwirausaha, maupun bekerja pada bidangnya Mata pelajaran pilihan data berupa : (1) penambahan jam mata pelajaran pada program keahlian dan konsentrasi yang dipilih atau (2) mata pelajaran di luar program keahlian atau konsentrasi yang dipilih. Penyelenggaraan mata pelajaran pilihan dilakukan dengan mempertimbangan sumber daya yang tersedia di sekolah, seperti ketersediaan guru, sarana belajar, termasuk sarana praktik, ruangan, waktu, dam sumber daya lainnya yang dimiliki sekolah
6. Praktik Kerja Lapangan
Praktik Kerja Lapangan (PKL) merupakan wahana pembelajaran kerja yang sesungguhnya untuk memberikan kesempatan kepada siswa meningkatkan penguasaan kompetensi teknis (hardskill) sesuai dengan program kealian serta menginternalisasikan karakter dan budaya kerja (softskill) yang berlaku di dunia kerja. Praktik Kerja Lapangan (PKL) pada struktur kurikulum berada pada semester 6 . Namun, pada pelaksanaannya dapat dilaksanakan pada semester 4 atau 5.
B. Spektrum Keahlian SMK
Spektrum Keahlian SMK pada Kurikulum Merdeka terdiri dari 10 bidang keahlian dengan 50 bidang keahlian. Hal ini berbeda dengan spektrum keahlian SMK pada kurikulum sebelumnya terdiri dari 9 bidang keahlian, 49 program keahlian dan 146 kompetensi keahlian. Uraian lengkap terkait bidang keahlian dan program keahlian pada Kurikulum Merdeka dapat dilihat pada tabel di bawah ini :
No | Bidang Keahlian | Program Keahlian |
1 | Teknologi Kontruksi dan Properti | 1.1 Teknik Perawatan Gedung 1.2 Konstruksi dan Perawatan Bangunan Sipil 1.3 Teknik Konstruksi dan Perumahan 1.4 Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan 1.5 Teknik Furnitur |
2 | Teknologi Manufaktur dan Rekayasa | 2.1 Teknik Mesin 2.2 Teknik Otomotif 2.3 Teknik Pengelasan dan Fabrikasi Logam 2.4 Teknik Logistik 2.5 Teknik Elektronika 2.6 Teknik Pesawat Udara 2.7 Teknik Konstruksi Kapal 2.8 Kimia Analisis 2.9 Teknik Kimia Industri 2.10 Teknik Tekstil |
3 | Energi dan Pertambangan | 3.1 Teknik Ketenagalistrikan 3.2 Teknik Energi Terbaruka 3.3 Teknik Geospasial 3.4 Teknik Geologi Pertambangan 3.5 Teknik Perminyakan |
4 | Teknologi Informasi dan Komunikasi | 4.1 PengembanganPerangkat Lunak dan Gim 4.2 Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi |
5 | Kesehatan dan Pekerjaan Sosial | 5.1 Layanan Kesehatan 5.2 Teknik Laboratorium Medik 5.3 Teknologi Farmasi 5.4 Pekerjaan Sosial |
6 | Agribisnis dan Agriteknologi | 6.1 Agribisnis Tanaman 6.2 Agribisnis Ternak 6.3 Agribisnis Perikanan 6.4 Usaha Pertanian Terpadu 6.5 Agriteknologi Pengolahan Hasil Pertanian 6.6 Kehutanan |
7 | Kemaritiman | 7.1 Teknika Kapal Penangkapan Ikan 7.2 Nautika Kapal Penangkapan Ikan 7.3 Teknika Kapal Niaga 7.4 Nautika Kapal Niaga |
8 | Bisnis dan Manajemen | 8.1 Pemasaran 8.2 Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis 8.3 Akuntansi dan Keuangan Lembaga |
9 | Pariwisata | 9.1 Usaha Layana Wisata 9.2 Perhotelan 9.3 Kuliner 9.4 Spa dan Kecantikan |
10 | Seni dan Industri Kreatif | 10.1 Seni Rupa 10.2 Desain Komunikasi Visual 10.3 Desain dan Produksi Kriya 10.4 Seni Pertunjukan 10.5 Broadcasting dan Perfilman 10.6 Animasi 10.7 Busana |
RANGKUMAN
- Berdasarkan struktur kurikulum Merdeka, mata pelajaran pada SMK dikelompokkan menjadi 2 yaitu mata pelajaran umum dan mata pelajaran kejuruan.
- Jumlah jam mata pelajaran mengalami perubahan
- Jumlah bidang keahlian pada kurikulum Merdeka ada 10 dengan 50 program keahlian.
Uji pemahaman Anda dengan klik test Formatif dibawah ini:
Setelah menjawab seluruh soal tersebut, cocokkan jawaban Anda dengan Kunci Jawaban Tes Formatif-3 yang terdapat di bagian akhir modul ini. Hitunglah jawaban benar Anda. Setiap jawaban benar diberi skor 2 sehingga skor tertinggi adalah 10 (sepuluh) dan skor terendah adalah 0 (nol). Kemudian gunakan rumus di bawah ini untuk mengetahui tingkat penguasaan Anda terhadap materi Kegiatan Belajar (KB) ini. Jika nilai Anda 60% maka Anda boleh langsung melanjutkan belajar ke Kegiatan Belajar berikutnya. Sedangkan jika nilai Anda kurang dari 60% maka Anda perlu mengulangi belajar KB ini terutama materi yang berkaitan dengan jawaban yang salah.