PROFIL PELAJAR PANCASILA

Pada kegiatan belajar – 1  telah mempelajari filosofi pendidikan Ki Hajar Dewantara tentang Kurikulum Merdeka dan arah pengembangan dan karakteristik Kurikulum Merdeka. Hal ini penting dipahami Bapak Ibu guru sebelum menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar.

Pada kegiatan belajar – 1  telah mempelajari filosofi pendidikan Ki Hajar Dewantara tentang Kurikulum Merdeka dan arah pengembangan dan karakteristik Kurikulum Merdeka. Hal ini penting dipahami Bapak Ibu guru sebelum menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar.

Kegiatan Belajar – 2 Bapak Ibu guru akan belajar mengenai karakter profil pelajar Pancasila. Karakter profil pelajar Pancasila adalah karakter siswa yang diharapkan berkembang setelah pembelajaran dilakukan. Pada Kegiatan Belajar – 2 ini diharapkan Bapak Ibu guru mampu merencanakan pembelajaran untuk mengembangkan karakter profil pelajar Pancasila.  Mari kita pelajari bersama karakter apa saja yang termasuk dalam karakter profil pelajar Pancasila dan cara :

A. Profil Pelajar Pancasila

Profil pelajar Pancasila adalah profil pelajar sebagai pembelajar sepanjang hayat yang berkompetensi global, berkarakter, dan berperilaku sesuai nilai – nilai Pancasila. Siswa Indonesia nantinya diharapkan dapat berpartisipasi dalam pembangunan global yang berkelanjutan serta tangguh dalam menghadapi berbagai tantangan. Karakter – karakter yang termasuk dalam profil pelajar Pancasila dapat dilihat pada gambar 2.1 di bawah ini:

Gambar 2.1 Karakter – karakter profil pelajar Pancasila
Sumber : https://sman12berau.sch.id/upaya-mewujudkan-profil-pelajar-pancasila/

 

Penjelasan mengenai  karakter – karakter yang termasuk dalam profil pelajar Pancasila, yaitu :

  1. Beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa

Karakter yang termasuk beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa adalah akhlak beragama, akhlak pribadi, akhlak kepada manusia, akhlak kepada alam, dan akhlak bernegara.

  1. Berkebhinekaan global

Indikator berkebhinekaan global yaitu mengenal dan menghargai budaya, kemampuan dan komunikasi intercultural dala berinteraksi dengan sesama, refleksi dan tanggung jawab kebhinekaan

  1. Gotong royong

Sikap gotong royong dapat dilihat dari kemampuan kolaborasi, kepedulian, dan berbagi.

  1. Mandiri

Sikap mandiri dapat dilihat dari kesadaran

  1. Bernalar kritis

Yang termasuk berpikir kritis adalah mampu memperoleh dan memproses informasi dan gagasan, menganalisis dan mengevaluasi penalaran, merefleksi p    emikiran dan proses berpikir serta mengambil keputusan.

  1. Kreatif

Sikap kreatif dapat terlihat dari kemampuan suswa dalam menghasilkan gagasan yang orisinal dan karya serta tindakan yang orisinal

 

Karakter – karakter Pancasila  tidak hanya dikembangkan melalui projek penguatan profil pelajar panacsila, tetapi juga harus dikembangkan dalam pembelajaran (intrakurikuler dan ekstrakurikuler) dan budaya sekolah seperti terlihat pada gambar 2.2 di bawah ini:

Gambar 2.2 Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Budaya Kerja
Sumber: Kemdikbudristek, 2022
 

B. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Budaya Kerja dalam Struktur Kurikulum SMK

Pembelajaran berbasis projek merupakan pendekatan yang digunakan dalam Kurikulum Merdeka untuk mengembangkan dan meningkatan karakter profil pelajar Pancasila pada siswa. Pada Kurikulum Merdeka. Ada 7 tema projek yang disediakan oleh Kemdikbudristek yaitu Bangunlah Jiwa dan Raganya, Berekayasa dan Berteknologi untuk membangun NKRI, Gaya Hidup Berkelanjutan, Kearifan Lokal, Kewirausahaan, dan Suara Demokrasi.  SMK harus melaksanakan 3 projek dalam 1 tahun yang terdiri dari 2 tema wajib () dan 1 tema bebas.

Untuk dapat menjalankan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Budaya Kerja, sekolah perlu menyusun rencana pelaksanaan bersama guru. Untuk memahami lebih lanjut terkait implementasi Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Budaya Kerja, silahkan Bapak/Ibu menyaksikan video 2.1 di bawah ini:

 

Video 2.1 Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Budaya Kerja
Sumber : https://youtu.be/a16iEsXUDIE

Untuk contoh dokumen penyusunan perencanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Budaya Kerja Bapak/Ibu bisa melihat file di bawah ini : https://docs.google.com/document/d/1bJ1x78Q7gLgxG32EwtPvcRiotiyiEpnuvHrVRN34vKs/edit.

 

RANGKUMAN

  1. Karakter profil pelajar Pancasila adalah karakter siswa yang diharapkan berkembang setelah pembelajaran dilakukan.
  2. Ada 6 karakter yang termasuk dalam karakter profil pelajar Pancasila yaitu Beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa, Berkebhinekaan global, gotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.
  3. 7 Tema projek yang bisa dipilih untuk mengembangkan karakter profil pelajar Pancasila adalah  Bangunlah Jiwa dan Raganya, Berekayasa dan Berteknologi untuk membangun NKRI, Gaya Hidup Berkelanjutan, Kearifan Lokal, Kewirausahaan, dan Suara Demokrasi.
  4. SMK harus melaksanakan 3 projek dalam 1 tahun yang terdiri dari 2 tema wajib () dan 1 tema bebas.
  5. Alokasi pelaksanaan projek profil pelajar Pancasila dan Budaya Kerja adalah 30% dari jumlah jam pelajaran.

 

Uji pemahaman Anda dengan klik test Formatif dibawah ini:

TES FORMATIF

 


Setelah menjawab seluruh soal tersebut, cocokkan jawaban Anda dengan Kunci Jawaban Tes Formatif-2 yang terdapat di bagian akhir modul ini. Hitunglah jawaban benar Anda. Setiap jawaban benar diberi skor 2 sehingga skor tertinggi adalah 10 (sepuluh) dan skor terendah adalah 0 (nol). Kemudian gunakan rumus di bawah ini untuk mengetahui tingkat penguasaan Anda terhadap materi Kegiatan Belajar (KB) ini. Jika nilai Anda 60% maka Anda boleh langsung melanjutkan belajar ke Kegiatan Belajar berikutnya. Sedangkan jika nilai Anda kurang dari 60% maka Anda perlu mengulangi belajar KB ini terutama materi yang berkaitan dengan jawaban yang salah.